| |

Kegiatan Pembelajaran

Kebakaran…,kebakaran…., tolooonnggg, tolooonngg, tuit, tuit, tuit..., suara sirine mobil kebakaran kencang sekali, orang-orang berlarian keluar rumah. Hehehe,,,, kaget ya teman-teman?itulah salah satu kegiatan pembelajaran di sekolahku, KB-TK Kristen Petra 1. Pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020  kami, anak-anak kelompok A, diajak Ibu guru belajar bermain menjadi anggota damkar (pemadam kebakaran) di sentra peran. Kami bermain bergantian. Ada yang sebagai korban kebakaran, ada yang menyetir mobil damkar, ada yang menelepon kantor damkar. “Horeee…. aku menjadi petugas yang memadamkan api… “, kata Maxwell. Aku harus membawa selang yang lumayan berat untuk berpura-pura memadamkan api, melihatku keberatan membawa selang, Hansel dan Jasver  langsung membantuku…Wahh terima kasih teman-teman, berkat bantuan kalian, rumah yang terbakar segera bisa dipadamkan….. Seru sekali lho teman-teman, seakan kami berada dalam situasi kebakaran yang sesungguhnya.

IMG_20200214_095412.jpgIMG_20200206_111314.jpgIMG_20200224_100329.jpgIMG_20200213_111433.jpgIMG_20200214_084040.jpgIMG_20200214_090231.jpg

Ada lagi kegiatan belajar yang menarik di sekolahku. Kami diajak Ibu guru melakukan kegiatan berkebun menanam jagung. Ternyata jagung itu bisa juga ditanam di botol/gelas plastik yang sudah tidak dipakai selain ditanam di tanah, menarik sekali bukan????. Ingin tahu caranya? Ayo kita ikuti petunjuknya. Pertama: sediakan botol/gelas aqua, Kedua: ambil kapas dan letakkan dalam gelas plastik tersebut. Ketiga: masukkan beberapa biji jagung dan siram dengan sedikit air. Keempat: taruh gelas yang berisi kapas basah dan jagung pada tempat yang teduh dan tunggu 2-3 hari. “Lihat… biji jagungnya sudah tumbuh daun!!”, teriak Vivi. Kegiatan lainnya yaitu belajar merawat tanaman dengan cara menyiram tanaman yang ada di taman sekolah. “Anak-anak, tanaman itu seperti kita yang membutuhkan makanan… harus diberi pupuk supaya subur dan disiram supaya segar”, pesan Ibu guru . Hari-hari yang menyenangkan bukan???

Eit… ada lagi yang menyenangkan. Tepat tanggal 14 Februari 2020 semua anak KB A, KB B, TK A, dan juga TK B membuat bola-bola coklat. Tanggal itu adalah Valentine Day atau hari kasih sayang, Terima kasih Mama Papa yang sudah merawat, membesarkan kami dengan penuh kasih sayang. Kami membuatkan mereka bola-bola coklat yang sangat lezat sebagai ungkapan sayang kami buat mama papa. Mau tahu cara membuatnya?? Mudah sekali… bahannya antara lain: marie rotie, susu,  dan meses. Marie roti dihancurkan dengan cara diblender, tuang susu, aduk rata sampai menyatu, lalu buat bentuk bulat seperti bola-bola kecil lalu gulungkan di atas meses. Tunggu bebrapa saat sampai agak keras. “Horeeee punyaku sudah jadi!!!” teriak Jayden. Pulang sekolah kami memberikan hasil buatan kami pada mama papa tersayang. Selamat hari Valentine Mama Papa…, We love you so much…

Itulah sebagian kegiatan menyenangkan yang ingin kami beritakan pada kalian semua teman-teman…. sampai jumpa…

Aku Bisa Membuat Popcorn Sendiri...!

Hari ini, kami, kelompok TK A dari TK Kristen Petra 1, belajar membuat popcorn. Sebelum membuat popcorn, kami mendengarkan penjelasan dari ibu guru terlebih dahulu. Saat membuat popcorn, kami harus ditemani oleh ibu guru atau mama. “Membuat popcorn sangat sederhana, tetapi harus berhati-hati, ya...!” kata ibu guru.

IMG_20200122_105533.jpgIMG_20200122_104936_1.jpgIMG_20200122_111114_1.jpgIMG_20200122_111349.jpg

Bahan-bahan untuk membuat popcorn adalah biji jagung dan mentega. Pertama-tama, kami mencuci tangan dahulu agar tangan kami bersih. Setelah itu, kami mengambil sesendok margarin untuk dimasukkan ke dalam panci. Ibu guru membantu kami untuk menyalakan kompor. Setelah margarin meleleh/mencair, kami memasukkan biji jagung ke dalam panci, dan menutupnya.

Tak beberapa lama, tedengar suara pletak-pletak! Nah, itu tandanya biji jagung sedang mekar. Jika panci tidak bersuara lagi, maka tutupnya boleh dibuka, dan popcorn yummy siap dinikmati! Hehehe… sekian cerita dari kami ya, teman-teman! Bye, bye…!

 

Jasuke buatanku... Hmm... Lezat!

IMG 20200122 WA0055

Halo, teman-teman! Aku Emily. Aku bersekolah di KB-TK Kristen Petra 1. Hari ini aku mau bercerita tentang kegiatan di sekolahku. Setiap bulan, sekolahku mengadakan kegiatan “area masak”. Kami belajar memasak, lalu menikmati masakan buatan kami sendiri secara bersama-sama. Nah, kali ini… kami dari kelompok B akan membuat jasuke.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah jagung manis, susu kental manis, dan keju. Semua bahan sudah disediakan oleh ibu guru. Yuk, kita mulai memasak, teman-teman..! Eh, tetapi jangan lupa untuk cuci tangan dahulu, ya…! Pertama, jagung dicuci dan diserut. Setelah itu, jagung dimasukkan ke dalam panci untuk dikukus hingga matang. Sambil menunggu jagung matang, kami memarut keju yang nantinya untuk ditaburkan di atas jagung.

Wah… bau harum jagung sudah tercium. Itu tandanya jagung sudah matang. Hehehe…! Jagung yang sudah matang tersebut, ditaruh di piring. Jangan lupa ditaburi dengan sesendok keju dan susu. Naaahhh… inilah yang disebut jasuke, yaitu singkatan dari jagung, susu, dan keju.

Asyiknya Naik Delman

IMG_5050.jpgIMG_5011.jpgPHOTO-2019-11-17-19-02-45.jpgIMG_5013.jpgIMG_5014.jpgPHOTO-2019-11-17-19-02-24.jpgPHOTO-2019-11-17-19-02-25.jpgPHOTO-2019-11-18-15-30-21.jpgIMG_5023.jpgPHOTO-2019-11-18-15-30-25.jpg

Hallo….halloo!!! Apa kabar teman – teman semua?.... Hari ini aku mau cerita pengalamanku saat naik delman di sekolah pada hari Jumat, tanggal 15 November 2019. Seru sekali lho teman – teman, kami anak-anak KB Kristen Petra 1 bisa jalan – jalan naik delman bersama-sama. Saat bu guru menggandeng tangan kami ke halaman sekolah, ternyata pak kusir dengan delmannya sudah menunggu. “Teman – teman lihat delmannya sudah datang!“ seru Ryan kepada Angela. Kami semua langsung berteriak gembira karena tidak sabar untuk segera naik delman.

Bu guru membagi kami dalam beberapa kelompok supaya dapat bergiliran naik. Saat akan naik, ada beberapa teman kami yang merasa takut. Tapi bu guru tetap menggandeng kami dan membujuk kami supaya tidak takut. Ternyata benar juga, naik delman tidak menakutkan lho, tapi mengasyikkan!! hehehe….

Selama berkeliling naik delman kami semua diajak ibu guru untuk bernyanyi bersama lagu “Naik Delman“ dan kita pun bernyanyi  dengan gembira. “Pada hari minggu ku turut ayah ke kota, naik delman istimewa ku duduk di muka, ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja, mengendali kuda supaya baik jalannya. “Anak-anak, siapakah yang mengendarai delman?“  tanya ibu Indra. “ Pak Kusir bu!“ jawab Kevin.“ Wah, ternyata anak-anak KB sudah pinter semua ya !“ seru bu Indra.

Nah teman-teman, itulah pengalamanku saat naik delman. Kami senaaannnnggg sekali. Sekian dulu ceritaku teman-teman. Sampai jumpa lagi di cerita selanjutnya ya……!!!

Fieldtrip Naik Bus Suroboyo

bus_01.jpgbus_03.jpgbus_05.jpgbus_02.jpgbus_04.jpg
 

Hari Jumat, 20 September 2019 anak-anak TK A dan B mengikuti kegiatan Fieldtrip naik Bus Suroboyo. Tujuan fieldtrip kali ini yaitu mengenalkan alat transportasi umum pada anak-anak. Untuk mendapatkan tiket bus  anak-anak harus menukarkan botol plastik bekas terlebih dahulu, 5 botol plastik dengan ukuran 600ml mendapatkan 1 tiket.

Anak-anak berangkat pk.08.30 WIB dari terminal Purabaya dan sampai di Halte Kaliasin pk.09.00 WIB. Mereka juga berkesempatan untuk melewati jembatan penyeberangan yang ada fasilitas liftnya. Kegiatan fieldtrip kali ini sangat dinikmati anak-anak yang nampak dari antusias mereka selama perjalanan naik bus.

boost the values reap the success