| |

Aku Anak Mandiri

IMG_9109.JPGIMG_9056.JPGIMG_9086.JPGIMG_9118.JPGIMG_9101.JPGIMG_9082.JPGIMG_9059.JPGIMG_9044.JPGIMG_9037.JPGIMG_9084.JPG

Hai, teman-teman..! Bertemu lagi dengan kami dari TK Kristen Petra 1. Pada hari Senin yang cerah, tanggal 4 Februari 2019, kami semua (TK A dan TK B) mengikuti kegiatan fun learning practical life. Dalam kegiatan fun learning kali ini, ada lima pos kegiatan yang harus kami kunjungi untuk bermain. Mau tahu pos apa saja?

Pos pertama adalah toilet training. Di pos ini, kami belajar untuk cebok sendiri dengan diawasi oleh bu guru. Dan... tidak lupa untuk mencuci tangan setelahnya, hehehe...! Di pos kedua, kami belajar untuk memakai dan melepas baju sendiri. Untuk kelompok A memakai kaus olahraga, sedangkan untuk kelompok B memakai kemeja seragam. Di pos ketiga, kami belajar melipat baju sendiri. Ternyata, melipat baju tidak sulit, lho...! Lalu di pos keempat, kami harus memakai kaus kaki dan sepatu sendiri. Untuk sepatu yang ada talinya, memang agak susah, tetapi kami mau terus belajar. Hehehe...! Kemudian untuk di pos yang kelima, kami harus melepas dan memakai dasi sendiri.

Nah, teman-teman... itulah kegiatan fun learning kami di sekolah. Melalui kegiatan ini, kami belajar untuk menjadi anak yang mandiri. Seru banget, kan! Kalau teman-teman bagaimana? Kami tunggu ceritanya, yaaa...! Sampai ketemu lagi, teman-teman...!

 

 

Fun Learning Practical Life

Screen_Shot_2019-02-26_at_16.03.28.pngScreen_Shot_2019-02-26_at_16.02.40.pngScreen_Shot_2019-02-26_at_16.02.57.pngScreen_Shot_2019-02-26_at_16.03.11.pngScreen_Shot_2019-02-26_at_16.02.35.png

Hari Senin, 4 Februari 2019 anak-anak TK A dan B mengikuti kegiatan Fun Learning Practical Life. Tujuan Fun Learning kali ini yaitu melatih kemandirian anak, dimana  anak belajar melakukan sendiri kegiatan di tiap-tiap pos. Ada 5 pos kegiatan yang dilakukan anak yaitu  toilet training sekaligus mencuci tangan,  memakai dan melepas kaos olah raga/kemeja, melipat baju, memakai kaos kaki dan sepatu, dan yang terakhir adalah memakai dasi.

Kegiatan Kelas

kel1.jpgkel3.jpgkel2.jpg

Pada hari Jumat, 18 Januari 2018 playgroup A dan B masuk bersama, anak-anak mengikuti kegiatan Renabu yang dilayani oleh Bapak Danny Nobret, S.Th., beliau bercerita tentang Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta. Setelah Renabu,  anak-anak bermain lego bersama-sama.

Kegiatan Remidi

Bagi anak-anak yang mengalami masalah dalam mengikuti kegiatan belajar terutama menulis, maka mereka diberi tambahan pelajaran oleh guru. Kelompok A setiap hari Rabu dan Kamis, sedangkan Kelompok B setiap hari Senin dan Selasa.

anak_kelompok_B_sedang_mengikuti_remidi.jpg

Membuat Minuman Sehat

"Bak mee? Apa itu?" Itu adalah nama lain dari pohon asam. Orang Aceh menyebutnya demikian, sedangkan orang Bali menyebutnya celagi. Pohon dan buah Asam telah dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional, manisan, dan untuk memberikan rasa masam pada aneka masakan.

Hari ini kita akan membuat minuman dari daun asam yang masih muda yang disebut "sinom". Mau tahu caranya?

Ini bahannya:

- daun asam muda secukupnya, dicuci bersih

- beberapa buah kunyit, dicuci bersih, diiris tipis

- air secukupnya

- gula jawa secukupnya, diiris tipis-tipis

Semua bahan dicampur jadi satu di dalam panci (bukan stainless maupun aluminium), rebus sampai mendidih, lalu angkat dan saring.

"Saring yang bersih", Kaitlyne mengingatkan Michael.

Mudah, bukan? Itulah kegiatan anak Kelompok B dalam tema pembelajaran "Pekerjaan" sebagai penjual jamu pada tanggal 14 Februari 2013.

"Habiskan sinomnya, ya. Enak rasanya, segar", kata siswa-siswi TK Kristen Petra 1.

~ Catatan: memasak obat ataupun makanan memakai buah asam sebaiknya tiddak menggunakan alat masak dari bahan stainless ataupun aluminium melainkan menggunakan alat masak dari keramik atau tanah liat guna menghindari reaksi yang ditimbulkan sehingga tidak baik untuk kesehatan.

sinom2.jpgsinom1.jpg

boost the values reap the success